>> Kategori :
1. Pembelajaran
Dukungan untuk pembelajaran bagi pengguna dari semua tingkat
2. Fleksibilitas
Dukungan untuk beberapa cara untuk melakukan tugas-tugas
3. Ketahanan
Dukungan untuk pemulihan
>> Selalu berfikir tentang pengecualian, pantas tidaknya
1. Pembelajaran
Kemudahan pengguna baru dapat memulai interaksi yang efektif dan mencapai kinerja maksimal.
a. Kemampuan memprediksi
b. Kemampuan synthesis
c. Keakraban
d. Generalisasi
e. Konsistensi
- Kemampuan memprediksi
- Operasi jarak penglihatan
Dapat melihat tindakan sia-sia :
contoh : menus melawan command shell
- Kemampuan synthesis
- Memindahkan suatu file pada Unix Shell melawan Mac/Windows
- Apakah umpan sama diperlukan untuk semua pengguna, semua aplikasi?
- Keakraban
- Benar-benar relevan dengan kesan pertama
- Penggunaan metafora (kiasan) : Perangkap tersembunyi
- Apakah ada batasan pada keakraban?
- Generalisasi
- Contoh : potong dan tempel di aplikasi berbeda.
- Apakah pengetahuan satu aspek dari suatu UI berlaku bagi istirahat UI itu sendiri?
- Bantuan : UI petunjuk pengembangan
- Konsistensi
+ Dalam hal yang berbeda-beda, antara lain :
1. berinteraksi
2. hasil/keluaran
3. tata letak layar
- Apakah ini selalu diinginkan bagi semua sistem, semua pengguna?
2. Prinsip Fleksibilitas
Banyak cara bahwa pengguna dan pertukaran sistem informasi, diantaranya :
a. Langkah awal dialog
b. Multithreading
c. Kemampuan pemindahan tugas
d. Pergantian
e. Kemampu-sesuaian
- Langkah awal dialog
- Pencegahan pengguna
+ Pengguna memprakarsai tindakan
+ Lebih fleksibel, umumnya lebih diinginkan
- Pencegahan sistem
+ Sistem melakukan semua petunjuknya, merespon pengguna
+ Kadang-kadang diperlukan
- Multithreading
- Ada dua tipe :
1. Bersamaan
Masukkan ke beberapa tugas secara serempak
2. Interleaved
Banyak tugas, tetapi masukkan satu persatu
- Kemampuan pemindahan tugas
- Kelengkapan tugas :
Dapatkah sistem melakukan semua kepentingan tugas?
- Kecukupan tugas :
Dapatkah pengguna mengerti bahwa bagaimana cara melakukan tugas?
- Apakah itu memungkinkan pengguna untuk mendefinisikan tugas-tugas baru?
- Pergantian
- Memungkinkan pengguna untuk memilih metode interaksi yang cocok
- Memungkinkan cara yang berbeda untuk :
melakukan tindakan, tentukan data, dan konfigurasi
- Memungkinkan berbagai cara untuk mempresentasikan hasil/output
untuk menyesuaikan tugas dan pengguna
- Kemampu-sesuaian
- Dengan pengguna - kemampuan beradaptasi :
Apakah ini suatu hal yang baik?
- Dengan sistem - kemampuan beradaptasi :
Apakah ini suatu hal yang baik?
3. Prinsip Ketahanan
Mendukung pengguna dalam menentukan keberhasilan dan tujuan penilaian :
a. Kemampuan pengamatan
b. Kemampuan pemulihan (mengulang kembali)
c. Kemampuan reaksi/merespon
d. Kemampuan penyesuaian tugas
- Kemampuan pengamatan
- Kemampuan menjelajah
Jelajahi negara saat ini (tanpa mengubahnya)
- Kemampuan meraih
Menavigasi melalui negara diamati
- Kegigihan
Berapa lama negara yang diamati bertahan?
- Kemampuan pemulihan (mengulang kembali)
- Kesulitan pemulihan prosedur harus berhubungan dengan kesulitan tugas asli
- Pemulihan terdepan
Kemampuan untuk memperbaiki ketika kita tidak dapat membatalkan
- Pemulihan terbelakang
Membatalkan kesalahan-kesalahan sebelumnya
- Kemampuan reaksi/merespon
- Waktu tanggapan
Waktu untuk sistem untuk menanggapi dalam beberapa cara untuk tindakan-tindakan
pengguna
- Persepsi pengguna tidak selalu benar
- Pentingnya konsistensi
- Respon OK jika pengguna sesuai harapan
- Kemampuan penyesuaian tugas
- Kelengkapan tugas :
Dapatkah sistem melakukan semua kepentingan tugas?
- Kecukupan tugas :
Dapatkah pengguna mengerti bahwa bagaimana cara melakukan tugas?
- Apakah itu memungkinkan pengguna untuk mendefinisikan tugas-tugas baru?
0 komentar:
Posting Komentar