Selamat datang di blogku, konten dari blog ini hanya sederhana saya muat. Selamat membaca....
RSS

Selasa, 09 Maret 2010

Prinsip-Prinsip Desain UI

Prinsip-Prinsip Desain UI

>> Kategori :
1. Pembelajaran
Dukungan untuk pembelajaran bagi pengguna dari semua tingkat
2. Fleksibilitas
Dukungan untuk beberapa cara untuk melakukan tugas-tugas
3. Ketahanan
Dukungan untuk pemulihan

>> Selalu berfikir tentang pengecualian, pantas tidaknya


1. Pembelajaran

Kemudahan pengguna baru dapat memulai interaksi yang efektif dan mencapai kinerja maksimal.
a. Kemampuan memprediksi
b. Kemampuan synthesis
c. Keakraban
d. Generalisasi
e. Konsistensi


  • Kemampuan memprediksi
- Saya berpikir bahwa tindakan ini akan melakukan.....
- Operasi jarak penglihatan
Dapat melihat tindakan sia-sia :
contoh : menus melawan command shell

  • Kemampuan synthesis
Dukungan untuk pengguna dalam menilai dampak pengoperasian pada masa lalu dengan keadaan sistem yang sekarang.
- Memindahkan suatu file pada Unix Shell melawan Mac/Windows
- Apakah umpan sama diperlukan untuk semua pengguna, semua aplikasi?
  • Keakraban
Apakah umpan sama diperlukan untuk semua pengguna, semua aplikasi?
- Benar-benar relevan dengan kesan pertama
- Penggunaan metafora (kiasan) : Perangkap tersembunyi
- Apakah ada batasan pada keakraban?
  • Generalisasi
Dapatkah pengetahuan dari satu sistem/UI diperluas untuk serupa lainnya?
- Contoh : potong dan tempel di aplikasi berbeda.
- Apakah pengetahuan satu aspek dari suatu UI berlaku bagi istirahat UI itu sendiri?
- Bantuan : UI petunjuk pengembangan
  • Konsistensi
- Kemiripan perilaku antara tugas-tugas serupa/operasi/situasi
+ Dalam hal yang berbeda-beda, antara lain :
1. berinteraksi
2. hasil/keluaran
3. tata letak layar

- Apakah ini selalu diinginkan bagi semua sistem, semua pengguna?

2. Prinsip Fleksibilitas

Banyak cara bahwa pengguna dan pertukaran sistem informasi, diantaranya :
a. Langkah awal dialog
b. Multithreading
c. Kemampuan pemindahan tugas
d. Pergantian
e. Kemampu-sesuaian

  • Langkah awal dialog
Tidak menghambat pengguna dengan menempatkan batasan tentang bagaimana dialog dilakukan
- Pencegahan pengguna
+ Pengguna memprakarsai tindakan
+ Lebih fleksibel, umumnya lebih diinginkan
- Pencegahan sistem
+ Sistem melakukan semua petunjuknya, merespon pengguna
+ Kadang-kadang diperlukan
  • Multithreading
- Memungkinkan pengguna untuk melakukan lebih dari satu tugas pada satu waktu
- Ada dua tipe :
1. Bersamaan
Masukkan ke beberapa tugas secara serempak
2. Interleaved
Banyak tugas, tetapi masukkan satu persatu
  • Kemampuan pemindahan tugas
Apakah sistem mendukung semua berbagai keinginan pengguna untuk melaksanakan tugas dalam berbagai cara yang diharapkan?
- Kelengkapan tugas :
Dapatkah sistem melakukan semua kepentingan tugas?
- Kecukupan tugas :
Dapatkah pengguna mengerti bahwa bagaimana cara melakukan tugas?
- Apakah itu memungkinkan pengguna untuk mendefinisikan tugas-tugas baru?
  • Pergantian
Fleksibilitas dalam rincian operasi :
- Memungkinkan pengguna untuk memilih metode interaksi yang cocok
- Memungkinkan cara yang berbeda untuk :
melakukan tindakan, tentukan data, dan konfigurasi
- Memungkinkan berbagai cara untuk mempresentasikan hasil/output
untuk menyesuaikan tugas dan pengguna
  • Kemampu-sesuaian
Kemampuan pengguna memodifikasialat penghubung
- Dengan pengguna - kemampuan beradaptasi :
Apakah ini suatu hal yang baik?
- Dengan sistem - kemampuan beradaptasi :
Apakah ini suatu hal yang baik?

3. Prinsip Ketahanan

Mendukung pengguna dalam menentukan keberhasilan dan tujuan penilaian :
a. Kemampuan pengamatan
b. Kemampuan pemulihan (mengulang kembali)
c. Kemampuan reaksi/merespon
d. Kemampuan penyesuaian tugas

  • Kemampuan pengamatan
Dapatkah pengguna menentukan keadaan sistem internal dari apa yang wanita rasa?
- Kemampuan menjelajah
Jelajahi negara saat ini (tanpa mengubahnya)
- Kemampuan meraih
Menavigasi melalui negara diamati
- Kegigihan
Berapa lama negara yang diamati bertahan?
  • Kemampuan pemulihan (mengulang kembali)
Kemampuan untuk mengambil tindakan korektif atas mengenali kesalahan
-
Kesulitan pemulihan prosedur harus berhubungan dengan kesulitan tugas asli
- Pemulihan terdepan
Kemampuan untuk memperbaiki ketika kita tidak dapat membatalkan
- Pemulihan terbelakang
Membatalkan kesalahan-kesalahan sebelumnya
  • Kemampuan reaksi/merespon
Persepsi pengguna dari tingkat komunikasi dengan sistem
- Waktu tanggapan
Waktu untuk sistem untuk menanggapi dalam beberapa cara untuk tindakan-tindakan
pengguna

- Persepsi pengguna tidak selalu benar
- Pentingnya konsistensi
- Respon OK jika pengguna sesuai harapan
  • Kemampuan penyesuaian tugas
Apakah sistem mendukung semua berbagai keinginan pengguna untuk melaksanakan tugas dalam berbagai cara yang diharapkan?
- Kelengkapan tugas :
Dapatkah sistem melakukan semua kepentingan tugas?
- Kecukupan tugas :
Dapatkah pengguna mengerti bahwa bagaimana cara melakukan tugas?
- Apakah itu memungkinkan pengguna untuk mendefinisikan tugas-tugas baru?

0 komentar:

Posting Komentar