Nama : Haerudin
NPM : 50407394
KELAS : 3 IA 07
Untuk membuka file (.doc dan .cpp) klik DISINI
Listing Program
#include
#include
#include
void init(void);
void keyboard(unsigned char, int, int);
void display(void);
int main (int argc, char **argv)
{
glutInit(&argc, argv); /*untuk menginisialisasi modus display */
glutInitDisplayMode(GLUT_DOUBLE | GLUT_RGB); /*Fungsi tersebut meminta window yang bersifat double buffered dengan warna RGB. */
glutInitWindowSize(400, 400); /* pengaturan besar form*/
glutInitWindowPosition(500, 100); /* pengaturan letak form pada windows*/
glutCreateWindow("Tugas Grafkom (Haerudin 50407054 – 3ia07)"); /*membuat nama form*/
init();
glutDisplayFunc(display);
glutKeyboardFunc(keyboard);
glutMainLoop();
return 0;
}
void init(void)
{
glClearColor(0.0, 0.0, 0.0, 0.0); /*warna background-hitam*/
glColor3f(1.0, 0.0, 0.0); /*warna objek-merah*/
glMatrixMode(GL_PROJECTION); /*inisialisali matriks*/
glLoadIdentity();/*memanggil matriks identitas dan dijadikan status matriks (proyeksi) saat ini*/
glOrtho(-20.0, 20.0, -20.0, 20.0, -20.0, 20.0);/*pembuatan kotak untuk menggambar objek*/
}
void display(void)
{
glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT);/*menghapus window dan memberi warna yang telah kita definisikan sebelumnya
dengan menggunakan glClearColor */
glRectf(-5.0, 5.0, 5.0, -5.0);/*penggambaran persegi*/
glutSwapBuffers();/*menukar bagian belakan buffer menjadi buffer layar */
}
void keyboard(unsigned char key, int x, int y)
{
/* kontrol tombol pada keyboard:
"a": kiri
"d": kanan
"w": atas
"s": bawah
*/
switch (key)
{
case 'a':
case 'A':
glTranslatef(-5.0, 0.0, 0.0);
break;
case 'd':
case 'D':
glTranslatef(5.0, 0.0, 0.0);
break;
case 'w':
case 'W':
glTranslatef(0.0, 5.0, 0.0);
break;
case 's':
case 'S':
glTranslatef(0.0, -5.0, 0.0);
break;
}
Output Program
Tampilan awal objek sebelum digerakkan menggunakan keyboard (mulai pada posisi tengah layar) :
Tampilan objek ketika digerakkan menggunakan tombol W (memindahkan objek ke atas) pada keyboard :
Tampilan objek ketika digerakkan menggunakan tombol D (memindahkan objek ke kanan) pada keyboard :
Tampilan objek ketika digerakkan menggunakan tombol S (memindahkan objek ke bawah) pada keyboard :
1 komentar:
maturnuwun mas
aturnuhun kang :D
Posting Komentar