Selamat datang di blogku, konten dari blog ini hanya sederhana saya muat. Selamat membaca....
RSS

Selasa, 18 Mei 2010

Tugas OpenGL Haerudin 50407394 - 3IA07

TUGAS GRAFKOM

Nama : Haerudin
NPM : 50407394
KELAS : 3 IA 07

Untuk membuka file (.doc dan .cpp) klik DISINI

Listing Program

#include

#include

#include

void init(void);

void keyboard(unsigned char, int, int);

void display(void);

int main (int argc, char **argv)

{

glutInit(&argc, argv); /*untuk menginisialisasi modus display */

glutInitDisplayMode(GLUT_DOUBLE | GLUT_RGB); /*Fungsi tersebut meminta window yang bersifat double buffered dengan warna RGB. */

glutInitWindowSize(400, 400); /* pengaturan besar form*/

glutInitWindowPosition(500, 100); /* pengaturan letak form pada windows*/

glutCreateWindow("Tugas Grafkom (Haerudin 50407054 – 3ia07)"); /*membuat nama form*/

init();

glutDisplayFunc(display);

glutKeyboardFunc(keyboard);

glutMainLoop();

return 0;

}

void init(void)

{

glClearColor(0.0, 0.0, 0.0, 0.0); /*warna background-hitam*/

glColor3f(1.0, 0.0, 0.0); /*warna objek-merah*/

glMatrixMode(GL_PROJECTION); /*inisialisali matriks*/

glLoadIdentity();/*memanggil matriks identitas dan dijadikan status matriks (proyeksi) saat ini*/

glOrtho(-20.0, 20.0, -20.0, 20.0, -20.0, 20.0);/*pembuatan kotak untuk menggambar objek*/

}

void display(void)

{

glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT);/*menghapus window dan memberi warna yang telah kita definisikan sebelumnya

dengan menggunakan glClearColor */

glRectf(-5.0, 5.0, 5.0, -5.0);/*penggambaran persegi*/

glutSwapBuffers();/*menukar bagian belakan buffer menjadi buffer layar */

}

void keyboard(unsigned char key, int x, int y)

{

/* kontrol tombol pada keyboard:

"a": kiri

"d": kanan

"w": atas

"s": bawah

*/

switch (key)

{

case 'a':

case 'A':

glTranslatef(-5.0, 0.0, 0.0);

break;

case 'd':

case 'D':

glTranslatef(5.0, 0.0, 0.0);

break;

case 'w':

case 'W':

glTranslatef(0.0, 5.0, 0.0);

break;

case 's':

case 'S':

glTranslatef(0.0, -5.0, 0.0);

break;

}

display();}

Output Program

Tampilan awal objek sebelum digerakkan menggunakan keyboard (mulai pada posisi tengah layar) :


















Tampilan objek ketika digerakkan menggunakan tombol A (memindahkan objek ke kiri) pada keyboard :


















Tampilan objek ketika digerakkan menggunakan tombol W (memindahkan objek ke atas) pada keyboard :


















Tampilan objek ketika digerakkan menggunakan tombol D (memindahkan objek ke kanan) pada keyboard :


















Tampilan objek ketika digerakkan menggunakan tombol S (memindahkan objek ke bawah) pada keyboard :














1 komentar:

Unknown mengatakan...

maturnuwun mas
aturnuhun kang :D

Posting Komentar